Tzu Chi Gelar Kegiatan Donor Darah di Tanjung Batu

Jurnalis : Edy Susanto (Tzu Chi Tanjung Balai Karimun), Fotografer : Agus, Deviana (Tzu Chi Tanjung Balai Karimun)

Relawan Tzu Chi Tanjung Batu bekerja sama dengan Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) beserta Palang Merah Indonesia (PMI) Kecamatan Kundur mengadakan donor darah untuk kedua kalinya di Gedung PMVDS (Persatuan Muda-Mudi Vihara Dharma Shanti).

Pada Minggu, 19 Maret 2023, relawan Tzu Chi di Tanjung Batu bekerja sama dengan Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) beserta Palang Merah Indonesia (PMI) Kecamatan Kundur kembali mengadakan donor darah untuk kedua kalinya. Kegiatan ini diadakan di Gedung PMVDS (Persatuan Muda-Mudi Vihara Dharma Shanti), Tanjung Batu.

Sejak pagi, para relawan sudah mempersiapkan semua keperluan yang dibutuhkan untuk donor darah. Sebelum mendonorkan darah, para peserta calon donor diwajibkan mencuci tangan dan melakukan registrasi. Setelah itu dilanjutkan dengan pemeriksaan kesehatan dasar berupa tensi darah dan kadar Hemoglobin (Hb) yang dilakukan oleh petugas PMI.

Para tunas relawan melakukan registrasi untuk calon pendonor sebelum melanjutkan pemeriksaan tensi dan Hemoglobin (Hb) yang dilakukan oleh petugas PMI.

Setiap pendonor tentu memiliki motivasi untuk mendonorkan darahnya. Ada yang motivasinya untuk menjaga kesehatan tubuh dan ada juga yang berniat untuk membantu sesama. Salah satunya Iwan Candra (28), pendonor yang baru pertama kali ikut kegiatan donor darah bersama Tzu Chi di Tanjung Batu.

“Ini pertama kali saya mendonorkan darah disini. Saya sangat senang dapat mendonorkan darah karena bisa membantu orang yang membutuhkan. Donor darah sangat baik untuk kesehatan kita sendiri. Selagi saya masih sehat, saya akan selalu mendonorkan darah saya,” ungkap Iwan Candra.

Sama halnya dengan Yudi (29) yang baru pertama kali mendonorkan darahnya. Ia pun melawan rasa takutnya dengan niat membantu sesama. “Saya akan terus menerus mendonorkan darah karena saya bisa membagikan darah saya ke orang yang membutuhkan,” ucap Yudi besemangat.

Dr. Mugen Adi Suryo (26) tidak mau menyia-nyiakan kesempatan ini untuk mendonorkan darahnya agar dapat membantu sesama.

Salah satu tunas relawan yang juga seorang dokter umum, dr. Mugen Adi Suryo (26) juga tidak mau menyia-nyiakan kesempatan ini. Ia pun ikut mendonorkan darahnya untuk membantu sesama. “Dari segi medis, darah kita setiap 3 bulan sekali akan selalu berganti baru di dalam tubuh, maka sayang sekali jika tidak didonorkan. Kita juga bisa membantu satu nyawa dari satu kantong darah yang kita donorkan,” ucapnya.

Dalam kegiatan ini terhimpun 34 kantong darah yang akan disalurkan kepada orang yang sedang membutuhkan transfusi darah.

Editor: Arimami Suryo A.

Artikel Terkait

Menjalin Jodoh Melalui Donor Darah

Menjalin Jodoh Melalui Donor Darah

31 Oktober 2013 Walaupun cuaca yang panas sangat menyengat, namun cuaca ini justru membangkitkan semangat relawan untuk menginformasikan ke pengguna jalan raya bahwa sedang dilakukannya donor darah di tempat tersebut.
Semangat Mengikuti Donor Darah

Semangat Mengikuti Donor Darah

27 September 2017

Donor darah rutin dilakukan relawan Tzu Chi Tanjung Balai Karimun. Sebelum kegiatan dilaksanakan, relawan menelepon Palang Merah Indonesia (PMI) untuk mengetahui stok darah di PMI. Supaya lebih efektif, relawan mencari waktu yang tepat, yakni Minggu 24 September 2017.

Donor Darah itu Membahagiakan

Donor Darah itu Membahagiakan

14 Juni 2016

Komunitas Hu Ai Jelambar bekerja sama dengan Rumah Sakit Fatmawati Jakarta menggelar kegiatan donor. Kegiatan kali ini berhasil mengumpulkan sebanyak 53 kantong darah dari 59 pendonor.

Keteguhan hati dan keuletan bagaikan tetesan air yang menembus batu karang. Kesulitan dan rintangan sebesar apapun bisa ditembus.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -