Tzu Chi Salurkan Paket Sembako Menyambut HUT RI ke-77 di Rawa Buaya

Jurnalis : Anand Yahya, Fotografer : Anand Yahya

Relawan Tzu Chi memberikan paket sembako kepada Karmini salah satu warga Rawa Buaya, Cengkareng, Jakarta barat dalam kegiatan Bakti Sosial Gebyar Kemerdekaan HUT RI ke-77.

Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia bersama Kodim 0503/ Jakarta Barat menggelar Bakti Sosial Gebyar Kemerdekaan HUT RI ke-77 dengan menyalurkan 50 karung beras (@10 kg) dan buku tulis 17 set (@10 pcs) untuk warga Kelurahan Rawa Buaya, Cengkareng, Jakarta Barat.   Kegiatan ini dilaksanakan di halaman Masjid Jami Al Husna, Bojong Kavling, Rawa Buaya pada Senin, 15 Agustus 2022.

Selain pembagian sembako, kegiatan menyambut HUT Kemerdekaan RI ke-77 ini juga diadakan sunatan massal, dan sentra vaksin booster Covid-19. Acara ini juga dihadiri oleh Dandim 0503/JB, Kol. Inf. I Made Maha Yudiksa S.sos.MM, Danramil 04/Cengkareng, Kapt. Inf. Kurniawan, dan Lurah Rawa Buaya, Safwan Busti.

Kapt. Inf. Kurniawan yang juga Ketua Panitia kegiatan Gebyar Kemerdekaan dalam rangka memperingati HUT RI ke-77 ini menjelaskan kegiatan ini melayani sunatan massal gratis untuk 17 orang anak, pemberian 17 set alat tulis, sarung, peci, dan uang santunan untuk anak-anak yang sudah selesai di sunat.

Selain itu, ada pembagian paket sembako untuk 45 keluarga yang berisi beras, minyak goreng, gula, dan mi instan. “Bagi warga yang menerima vaksinas,i untuk 32 orang pertama akan diberikan paket sembako. Jadi, total ada 77 paket sembako yang diberikan kepada warga Kelurahan Rawa Buaya,” jelas Kapt. Inf. Kurniawan.

Dandim 0503/JB, Kol. Inf. I Made Maha Yudiksa S.sos.MM menyatakan rasa terima kasih kepada pihak-pihak yang sudah membantu penyelenggaraan Bakti Sosial Gebyar Kemerdekaan HUT RI ke 77 di Rawa Buaya.

Ketua Tim Tanggap Darurat (TTD) Tzu Chi Indonesia, Joe Riadi memberikan paket sembako kepada Darsem warga Kelurahan Rawa Buaya. Selain sembako Tzu Chi juga memberikan buku tulis kepada anak-anak yang sudah menjalani sunatan masal.

Ketua Tim Tanggap Darurat (TTD) Tzu Chi Indonesia, Joe Riadi yang turut hadir dalam pembagian sembako ini mengungkapkan bahwa Tzu Chi Indonesia diundang oleh Kodim 0503/JB dan Koramil 04/ Cengkareng untuk menghadiri Bakti Sosial Gebyar Kemerdekaan. “Pada kegiatan ini, Tzu Chi membantu pemberian alat tulis dan pembagian sembako untuk anak-anak,” ujar Joe Riadi.

Ia pun berharap dengan diadakannya pemberian paket sembako ini dapat bermanfaat bagi warga Rawa Buaya. “Kita lihat di sini pemukimannya sangat padat ya. Dan rata-rata mereka pekerja harian lepas di mana pendapatannya tidak menentu. Dengan adanya pembagian sembako ini diharapkan dapat membantu kehidupan keluarga,” harap Joe Riadi.

Salah satu warga yang bersyukur menerima bantuan paket sembako dari Tzu Chi dalam kegiatan ini adalah Darsem (67) yang saat ini sudah menjanda. Setiap hari, Darsem tinggal bersama cucu di rumah yang telah ia huni sejak tahun 1996. “Saya sangat senang sekali. Saya kan udah gak kerja, untuk kebutuhan sehari-hari saya dari cucu ajah yang kerja serabutan. Terima kasih Yayasan Tzu Chi dan bapak tentara yang udah kasih saya sembako semoga pada sehat semua ya,” ucap Darsem.

Seorang warga Rawa Buaya sedang menerima vaksin Covid-19 (booster) pada acara Bakti Sosial Gebyar kemerdekaan RI ke 77 yang diadakan oleh Kodim 0503/ Jakarta Barat yang bekerja sama dengan Puskesmas Rawa Buaya.

Perasaan yang sama juga di rasakan oleh Karmini (67) setelah menerima paket sembako dari Yayasan Tzu Chi. Suami Karmini adalah penjual gulali keliling. Karmini pun mengungkapkan kegembiraannya setelah menerima bantuan dari Tzu Chi.

“Saya seneng sekali dapat sembako ini. Baru kemarin saya ngomong ‘ini gimana duit udah gak ada, beras udah gak ada’ ehhh hari ini ada bantuan. Alhamdulillah sekali saya, Gusti Allah. Semoga yang memberi dibalas Allah SWT walaupun sembako ini tidak seberapa, tetapi saya terharu dengan kepedulian bapak-bapak tentara dan Yayasan Tzu Chi sama saya,” ucap Karmini dengan suara bergetar.

Karmini dan suami tinggal berdua, sedangkan empat orang anaknya sudah berkeluarga semua dan tinggal sendiri-sendiri. Beruntung setiap bulan ada anaknya yang memberi sekadar untuk makan sehari-hari.

Relawan Tzu Chi menghadiri undangan dari Kodim 0503/JB dan Koramil 04/ Cengkareng dalam acara Bakti Sosial Gebyar Kemerdekaan dalam rangka menyambut HUT Kemerdekaan RI ke-77 di halaman Masjid Jami Al Husna, Bojong Kavling, Rawa Buaya, Jakarta Barat.

Kol. Inf. I Made Maha Yudiksa S.sos.MM mengatakan kegiatan baksos ini adalah implementasi dari nilai-nilai Pancasila dalam rangka menyambut HUT Kemerdekaan RI ke-77. Ia pun mengucapkan beribu-ribu terima kasih kepada Yayasan Buddha Tzu Chi, Polsek Rawa Buaya, Lurah Rawa Buaya, Puskesmas Rawa Buaya, Yayasan Rumah Kebangsaan yang sudah ikut berpartisipasi.

“Kita pihak-pihak yang memiliki rezeki yang lebih sudah sepatutnya bisa berbagi terhadap mereka yang kesusahan. Kita harus selalu bersama-sama menjalin kerja sama sesuai moto Hari Kemerdekaan RI ke-77 ini, yaitu “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat,” ungkap Kol. Inf. I Made Maha Yudiksa S.sos.MM.

Editor: Arimami Suryo A.

Artikel Terkait

Perhatian yang Tulus bagi Warga yang Mengandalkan Nafkah dari TPA Sarimukti

Perhatian yang Tulus bagi Warga yang Mengandalkan Nafkah dari TPA Sarimukti

25 September 2023

Kebakaran yang terjadi di TPA Sarimukti Kabupaten Bandung Barat sejak 19 Agustus 2023 lalu mengundang keprihatinan. Tzu Chi Bandung pun menyalurkan 400 paket sembako untuk warga yang terdampak.

Silaturahmi yang Terus Terjalin di Cirumpak

Silaturahmi yang Terus Terjalin di Cirumpak

01 Februari 2021

Pada Sabtu, 30 Januari 2021, relawan Tzu Chi Tangerang melakukan pembagian paket bantuan bagi 83 keluarga siswa di Madrasah Darul Istiqomah, ditambah bagi 7 warga lansia dan janda di lingkungan sekitarnya. Hingga total ada 90 paket yang dibagikan.

Peduli Warga Panunggangan Barat, Tzu Chi Salurkan 300 Paket Sembako

Peduli Warga Panunggangan Barat, Tzu Chi Salurkan 300 Paket Sembako

02 Desember 2020

Relawan Tzu Chi Tangerang bersama Kodim 0506/Tangerang dan Pemkot Tangerang memberikan 300 paket sembako kepada warga Kampung Panunggangan Barat dan Kampung Dahung, Kota Tangerang.

Kehidupan masa lampau seseorang tidak perlu dipermasalahkan, yang terpenting adalah bagaimana ia menjalankan kehidupannya saat ini.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -