Tzu Chi School Peduli, Tzu Chi School Berbagi

Jurnalis : Anand Yahya, Fotografer : Anand Yahya

Fenny bersama tiga orang tua siswa yang mewakili Komite Sekolah Tzu Chi school turut membagikan nasi kotak siap saji kepada siswa siswi SDN 06 Penjaringan Jakarta Utara. Di SDN 06 Penjaringan ini Tzu Chi School membagikan 250 nasi kotak siap saji dan dua bungkus Mi DAAI serta aneka biskuit kepada siswa siswi.

Tzu Chi School melanjutkan rangkaian yang berkaitan dengan Earth Day, Enterpreneur Day, dan Early Childhood. Para guru membuat hampers dan melelang hasil  kreasi mereka kepada orang tua murid yang tergabung dalam Komite Tzu Chi School.

Dari hasil lelang hampers yang terkumpul ini, selanjutnya Tzu Chi School bersama komite sekolah bekerja sama dengan Wonder Food Indonesia, sebuah yayasan sosial yang memiliki kepedulian akan isu bahan makanan berlebih dan pentingnya asupan nutrisi di Indonesia, dan selanjutnya langsung disalurkan ke Sekolah Dasar Negeri 06 dan 03 Penjaringan, Jakarta Utara pada hari Selasa, 24 Mei 2022.

Paket meal box vegetaris yang diberikan guru dan komite sekolah Tzu Chi School berisi nasi putih, tumis sayur, bakwan goreng, dan telur dadar. Selain itu juga diberikan dua bungkus MI DAAI, dan biskuit.

Siswa-siswi SDN 06 Penjaringan Jakarta Utara dengan sangat gembira menerima nasi kotak siap saji yang diberikan oleh guru-guru Tzu Chi school dan orang tua Komite Tzu Chi school.

Sudino Lim, SE, MM., Direktur Tzu Chi School dalam sambutannya di gedung SDN 06 Penjaringan merasa sangat bersyukur karena sudah diberi kesempatan untuk bisa berbagi. “Terima kasih sekali kami diberi kesempatan untuk berbagi dengan adik-adik semua di sini,” ungkapnya.

Sudino Lim juga mengungkapkan penyaluran meal box ini bisa terlaksana berkat sinergi antara Tzu Chi School, Wonder Food, dan tentunya peran penting komite sekolah. Tzu Chi School setiap tahun mengadakan penggalangan dana dalam bentuk berbagai acara. Dana yang yang digalang itu kemudian disalurkan kembali dalam bentuk bantuan untuk sekolah-sekolah lain atau kepada masyarakat yang membutuhkan bantuan.

“Kegiatan hari ini adalah salah satu wujud dari kegiatan tahunan Tzu Chi School dari siswa- siswi sekolah, guru-guru, dan komite sekolah. Kegiatan ini berkelanjutan dan dilakukan dalam bentuk kegiatan yang berbeda-beda,” ungkap Sudino Lim.

Sudino Lim, SE., MM Direktur Tzu Chi School menyampaikan rasa syukur dan berterima kasih kepada guru-guru SDN 03 yang tela memberi kesempatan untuk berbagi kepada siswa siswi.

Sudino Lim sangat mengapresiasi kerja keras Miss Iing Felicia (Kepala TK Tzu Chi School) dan komite sekolah yang terus menerus berusaha menggalang dana untuk berbuat sesuatu untuk masyarakat Indonesia.

“Misi dari pendidikan Tzu Chi adalah ingin membina insan-insan sosial yang tumbuh sejak kecil dari siswa-siswi kita supaya kelak mereka menjadi pemimpin yang memiliki jiwa untuk berbagi kepada orang lain. Sebagai makhluk sosial kita harus saling berbagi, inilah indahnya kehidupan,” tegas Sudino.

Sudino Lim, SE., MM Direktur Tzu Ch School menyerahkan langsung nasi kotak siap saji kepada siswa siswi SDN 03 Penjaringan. Sudino berharap kegiatan berbagi kepada sesama dapat terus dilakukan oleh siswa-siswi serta guru-guru atas dukungan Komite Sekolah Tzu Chi school.

Juwarto M.P Kasatlak Pendidikan Kecamatan Penjaringan mengungkapkan bahwa anak-anak SDN 06 Penjaringan rata-rata penerima program Kartu Jakarta Pintar (KJP). “Dengan KJP ini semoga mereka bisa menggapai cita-cita. saya berharap ada kolaborasi antara Tzu Chi school dan SDN 06 untuk bagaimana cara membangun karakter anak didik dengan lebih baik lagi” ujar Juwarto.

Juwarto yang mewakili suku dinas pendidikan Kecamatan Penjaringan menyampaikan salam hormat dan salam apresiasi kepada Wonder Food dan Tzu Chi School atas apresiasi yang diberikan. “Ini bisa menjadi motivasi bagi kita bersama untuk mendidik anak-anak kita,” ujar Juwono.

Foto-foto hampers yang dilelang oleh guru-guru Tzu Chi school. Hasil lelang hampers ini dibagikan ke sekolah-sekolah dalam bentuk nasi kotak siap saji vegetaris.        

Rochmanudin, S.Pd. Kepala sekolah SDN 06 Penjaringan mengungkapkan di sekolah SDN 06 Penjaringan terdapat 102 siswa yatim dan pada pulan puasa lalu sekolah juga memberikan santunan kepada anak yatim di sekolah ini. “Ini bentuk kolaburasi yang baik dari Tzu Chi School kami ucapkan terima kasih secara sosial sangat memperhatikan siswa siswi SDN 06 berupa makanan semoga bermanfaat”.

Salah satu siswi yang menerima nasi kotak siap saji, Mi DAAI dan biskuit-biskuit sangat gembira menerima nasi kotak dan kue-kue. “Senang banget, bersyukur dan terima kasih kepada Tzu Chi school dan Wonder Food yang sudah mau berbagi dengan kita” ucap Zihan Delfia siswa kelas 5 SDN 03 Penjaringan.

Fenny bersama tiga orang tua siswa yang mewakili komite sekolah Tzu Chi school yang turut hadir dalam penyaluran paket makanan ini sangat senang dan gembira sekali dapat turut menyalurkan paket makanan. “Saya senang sekali, ini saya baru pertama kali ikut kegiatan ini dan saya sangat senang sekali bisa berbagi bersama mereka (anak-anak)” ungkap Fenny.

Jenny Octavia, On Ground Activation Head Wonder Food Indonesia bersama-sama menyerahkan nasi kotak siap saji kepada siswa-siswi SDN 03 Penjaringan, Jakarta Utara.

Jenny Octavia, On Ground Activation Head Wonder Food Indonesia yang turut hadir dalam penyaluran nasi kotak siap saji menjelaskan bahwa Wonder Food mempunyai misi yang sama dengan Tzu Chi school salah satunya adalah pelestarian lingkungan.

Wonder Food Indonesia mempunyai visi misi untuk mengurangi food waste (makanan yang masih segar namun berpotensi terbuang, diselamatkan dan kemudian mereka bagikan ke yayasan-yayasan sosial yang membutuhkan.

Jenny menjelaskan bahwa ada tiga program dari Wonder Food indonesia yang dijalankan yaitu Food rescue, dimana mereka menyelamatkan bahan-bahan makanan dari supermarket dan kemudian didistribusikan ke yayasan-yayasan sosial yang membutuhkan. Food droop (distributon) seperti kerja sama yang dilakukan dengan Yayasan Buddha Tzu Chi ini. Kita membagikan makanan siap saji dalam bentuk box kepada masyarakat yang membutuhkan. Dan Consumer Food seperti bahan makanan yang berpotensi terbuang, seperti hampir kadaluarsa kita selamatkan dan kita olah dan bagikan ke masyarakat yang membutuhkan.

Jenny mengungkapkan dalam kegiatan ini ada nilai moral yang ingin disampaikan kepada masyarakat dan relawan yang terlibat hari ini. Mereka dapat melihat langsung, merasakan bagaimana di sekeliling mereka masih banyak orang yang kurang beruntung dibandingkan diri kita. “Wonder food sangat senang sekali Tzu Chi bisa ikut berpartisipasi dengan Wonder Food untuk membagikan makanan ini kepada mereka yang membutuhkan,” ungkap Jenny.

Editor: Hadi Pranoto

Artikel Terkait

Bersyukur Masih Ada yang Peduli Pada Kami

Bersyukur Masih Ada yang Peduli Pada Kami

27 September 2021

Relawan Tzu Chi komunitas He Qi Timur kembali bekerja sama dengan Yayasan Atmabrata untuk memberikan 300 kotak nasi hangat vegetarian kepada lansia, pemulung, dan warga kurang mampu di wilayah Cakung Drain Cilincing pada 19 Oktober 2021.

Dukungan Terus Mengalir untuk Pelaku UMKM

Dukungan Terus Mengalir untuk Pelaku UMKM

11 November 2021

Angka jumlah pasien Covid-19 saat ini sudah menurun jauh. Tetapi kondisi perekonomian masih belum kembali normal. Kondisi ini menjadi pertimbangan Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia untuk melanjutkan kegiatan Tzu Chi Peduli Tzu Chi Berbagi.

Jalinan Kasih yang Terus Berlanjut

Jalinan Kasih yang Terus Berlanjut

23 November 2021

Relawan He Qi Utara 2 mengadakan Program Tzu Chi Peduli, Tzu Chi Berbagi di Pasar Stasiun Angke dan sekitarnya dengan membagikan 200 nasi kotak vegetaris dan 800 lembar masker untuk masyarakat Sabtu, 20 November 2021. 

Berlombalah demi kebaikan di dalam kehidupan, manfaatkanlah setiap detik dengan sebaik-baiknya.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -