Tzu Ching Cooking Competition: Eksplorasi Kuliner Vegetarian Dunia Barat

Jurnalis : Clarence Chenvona (Tzu Ching Medan), Diana, Vinson Theodoric (Tzu Chi Medan), Fotografer : Clarence Chenvona, Synhanny To (Tzu Ching Medan), Kenji Marwies (Tzu Chi Medan)

Foto hasil masakan Mushroom Risotto with Scallop yang menjadi pemenang Juara 1.

Relawan Muda Mudi Tzu Chi (Tzu Ching) UNPRI (Universitas Prima Indonesia) mendukung dan mempromosikan gaya hidup vegetarian. Cooking Competition ini mengajak para peserta untuk menunjukkan bakat mereka dalam kompetisi kuliner vegetarian.

Acara ini berlangsung di Kampus Utama Universitas Prima Indonesia (UNPRI) Medan, Dihadiri 12 peserta lomba, 20 suporter lomba, 3 juri, dan 36 Relawan Tzu Chi, dengan tema “Menerapkan Pola Makan Nabati dan Bersama-sama Berbuat Kebajikan Demi Melindungi Bumi”

Gaya hidup vegetaris merupakan penerapan pola makan yang tidak mengonsumsi daging hewan apa pun, selain membawa kesejahteraan hewan, gaya hidup vegetaris juga memiliki dampak positif bagi kesehatan dan bumi.

Salahsatu kelompok “Bersyukur”, Indah Sani dan Bunga Arzayla sedang berinovasi dan berkreasi dalam lomba masak vegetarian.

Para Juri sedang menilai dengan mencicipi dan menilai makanan yang disajikan.

Kompetisi memasak vegetarian bernuansa barat ini bertujuan untuk mengajak orang orang khususnya mahasiswa untuk ikut serta menjalani pola hidup vegetaris dan memperkenalkan bahwa makanan vegetarian juga dapat diolah menjadi makanan yang berkelas dan unik.

Acara diawali dengan sosialisasi yang dibawakan oleh dr. Juskitar, Sp.KJ yang juga merupakan salah satu anggota relawan TIMA Tzu Chi Medan. Dr. Juskitar memberi edukasi dan memperkenalkan manfaat dari menerapkan pola hidup vegetaris. Selesai acara sosialisasi para peserta diarahkan ke area kompetisi untuk memulai kompetisi memasak vegetarian.

Lomba memasak pun dimulai dengan durasi waktu 1 jam. Dapur yang tadinya hening, seketika ramai dengan bunyi-bunyian alat masak yang sedang digunakan. Para peserta dengan semangat membara berlomba menyajikan hidangan terbaiknya.

Vegetarian Swedish Meatball with Mushroom Veloute yang menjadi pemenang Juara 2.

Pizza Rush Andaliman menjadi pemenang Juara 3.

Para peserta lomba menunjukkan kreativitas dan kemampuan memasak yang sangat baik dengan tetap menggabungkan kandungan gizi yang cukup. Seperti protein, sayur, dan karbohidrat. Seperti kelompok “Black Plate Goodies”, Synsanny To, mengatakan bahwa komposisi hidangan yang disajikan oleh kelompoknya dapat memenuhi semua gizi yang dibutuhkan oleh tubuh manusia, “Hidangan terkandung protein dari jamur, karbohidrat dari mashed potato, dan serat dari selai raspberry” ungkap Synsanny.

Direktur kuliner dari salah satu cafe terkemuka di Medan “Mano Ristorante”, Cedric Suria yang menjadi  juri dalam lomba memasak vegetarian memberi apresiasi kepada para peserta. “Saya sangat terpukau dengan hasil masakan mereka yang sangat inovatif dan modern” ujar Cedric.

Di samping itu, Cedric juga menjelaskan bahwa vegetarian dapat memenuhi gizi manusia apabila makanan yang di konsumsi diolah dengan baik, “Makanan nabati merupakan pokok dari segala nutrisi, seperti brokoli yang mengandung protein, zat besi, dan lain sebagainya” ujar Cedric happy.

Para peserta dari enam tim yang mengikuti lomba masak vegetarian berfoto bersama setelah pengumuman pemenang bersama juri lomba.

Master Cheng Yen memiliki keinginan yang kuat agar setiap orang dapat menjalani pola hidup vegetarian “Kita harus membimbing makin banyak orang untuk menerapkan pola makan vegetaris. Setiap orang harus sadar tentang kebenaran dari vegetarian dan berhenti merenggut nyawa hewan”.

Editor: Anand Yahya

Artikel Terkait

Antusias Wong Palembang Mengikuti Audisi Vegetarian Chef Indonesia Season 2 Bersama Daai TV

Antusias Wong Palembang Mengikuti Audisi Vegetarian Chef Indonesia Season 2 Bersama Daai TV

02 Agustus 2024

Pada 20 dan 21 Juli 2024 telah dilakukan Audisi Vegetarian Chef Indonesia Season 2. Sebanyak 37 Peserta dari 46 pendaftar telah mengikuti audisi langsung di Sekolah Kusuma Bangsa.

Euforia dari Gelaran Tzu Chi Vegan Cooking Competition 2024

Euforia dari Gelaran Tzu Chi Vegan Cooking Competition 2024

16 Agustus 2024

Euforia dari gelaran Tzu Chi Vegan Cooking Competition 2024 hingga kini masih terasa. Andi Gunawan dan Andrea Chandra yang mewakili He Qi Pusat masih sangat terkesan dengan kompetisi ini. 

Relawan Tzu Chi Adu Kebolehan Memasak Vegan, Hasilnya Semua Enak!

Relawan Tzu Chi Adu Kebolehan Memasak Vegan, Hasilnya Semua Enak!

12 Agustus 2024

Menyambut Bulan Tujuh Penuh Berkah, Tzu Chi Indonesia menyelenggarakan Tzu Chi Vegan Cooking Competition 2024 yang merupakan perlombaan memasak menu vegan yang pertama diadakan di Tzu Chi Center.

Dengan keyakinan yang benar, perjalanan hidup seseorang tidak akan menyimpang.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -