Wujud Cinta Lewat Setetes Darah

Jurnalis : Chandrata Wijaya (He Qi Pusat) , Fotografer : Deddy, Chandrata Wijaya (He Qi Pusat)

Petugas RSCM mengecek kondisi kesehatan para donor.

Komunitas relawan Tzu Chi di Hu Ai Jembatan Lima menggelar donor darah di Seasons City Trade Mall, Jakarta Barat, Minggu, 5 Mei 2024. Haryogi Lohia mengkoordinir 20 relawan  Tzu Chi sejak pukul 09.30 WIB untuk menyiapkan segala keperluan, mulai dari bangku, meja, suvenir, sambil menunggu kehadiran tim medis dari RS Dr. Cipto Mangunkusumo (RSCM).

Donor darah kali ini menggunakan delapan ranjang dan dibantu delapan petugas, termasuk Dr. Jovina, dokter umum dan dokter jaga di UTD RSCM. Para peserta donor darah merasa bahagia bisa menyumbangkan darahnya untuk membantu sesama. Apalagi sekarang ini rumah sakit sangat membutuhkan persediaan darah agar bisa segera menolong pasien yang membutuhkan di saat genting.

Sebanyak 88 kantong darah diperoleh dari donor darah kali ini.

Donor darah di Seasons City Trade Mall, Jakarta Barat, Minggu, 5 Mei 2024 ini dihadiri oleh 108 peserta.

Para donor dicek Hemoglobin (HB)- nya untuk memastikan apakah bisa atau tidak mendonorkan darahnya. Karena jika kadar hemoglobin rendah di bawah 12,5 gr% maka tidak memenuhi syarat, Para relawan juga sigap membantu jika ada yang membutuhkan minuman teh manis dan juga bubur kacang hijau sebelum donor darah.

Para donor biasanya dihubungi oleh relawan baik secara langsung maupun pesan tertulis. Ada juga donor yang kebetulan sedang jalan – jalan di Mall. Ada pula umat gereja di sebelah Mall yang antusias mendonorkan darah. Mereka berharap bisa terus dihubungi untuk mengingatkan waktu donor darah, supaya bisa berbuat kebaikan dengan menolong sesama sekaligus dapat mengetahui kondisi kesehatan.

Usai mendonor, para peserta diberikan suvenir dan makanan ringan.

Sekitar pukul 14.00 WIB, donor darah selesai dilaksanakan. Dari 108 peserta yang mendaftar diperoleh 88 Kantong darah @ 350 CC. Pelayanan diberikan dengan hati yang penuh cinta kasih. Setiap relawan merasa bahagia bisa bersumbangsih, pun yang dirasakan para tim medis dariRSCM. Selaras dengan Kata Perenungan Master Cheng Yen, “Orang yang selalu bersumbangsih akan senantiasa diliputi pikiran bahagia, orang yang selalu bersyukur akan selalu senantiasa dilimpahi berkah.”

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Tzu Chi Biak Kembali Mengadakan Donor Darah

Tzu Chi Biak Kembali Mengadakan Donor Darah

11 Mei 2022

Tzu Chi Biak bekerja sama dengan Bank Mandiri KC Biak, Permabudhi Papua, KBI Biak, dan PMI Biak mengadakan kegiatan donor darah pada Sabtu, 7 Mei 2022

Dari Saat Ini Hingga Nanti

Dari Saat Ini Hingga Nanti

09 April 2018
Relawan Tzu Chi komunitas He Qi Barat 2 mengadakan kegiatan donor darah di RPTRA Kembangan Utara, Jakarta pada tanggal 7 April 2018 untuk menyelamatkan jiwa sesama yang membutuhkan darah.
Menjalin Jodoh Baik Lewat Donor Darah

Menjalin Jodoh Baik Lewat Donor Darah

01 April 2024

Bersumbangsih tak hanya berupa uang melainkan bisa berupa waktu dan tenaga. Seperti yang dilakukan para relawan Tzu Chi Batam yang saling bahu membahu menyiapkan kegiatan donor darah.

Tiga faktor utama untuk menyehatkan batin adalah: bersikap optimis, penuh pengertian, dan memiliki cinta kasih.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -