Wujud Kepedulian Melalui Donor Darah

Jurnalis : Kevin Brilian (Tzu Chi Palembang), Fotografer : Kevin Brilian (Tzu Chi Palembang)

Relawan Tzu Chi Palembang mendampingi salah satu peserta donor darah yang dilakukan di Institut Teknologi dan Bisnis PalComTech, Kota Palembang pada 11 September 2022.

Pada Minggu, 11 September 2022 relawan Tzu Chi Palembang komunitas Xie Li Kemuning bekerja sama dengan PMI Kota Palembang mengadakan kegiatan donor darah di Institut Teknologi dan Bisnis PalComTech, Kota Palembang, Sumatera Selatan. Kegiatan ini bertujuan untuk membantu ketersediaan stok darah PMI untuk pasien-pasien yang membutuhkan bantuan transfusi darah.

Sebelum kegiatan donor darah para relawan dan petugas PMI bergotong royong mempersiapkan serta menyusun semua perlengkapan yang dibutuhkan saat kegiatan donor darah. Setelah para peserta berdatangan, kegiatan kemudian dimulai tetapi dengan tetap menjalankan protokol kesehatan ketat terkait Covid-19.

Kegiatan donor darah ini juga tetap melaksanakan protokol kesehatan ketat terkait Covid-19. Para peserta juga dicek suhu badan serta diwajibkan menggunakan handsanitizer.

Tercatat ada 58 peserta yang mendaftar untuk mengikuti donor darah. Setelah proses screening kesehatan berupa pengecekan Hemoglobin (Hb) dan tekanan darah, hanya 47 peserta yang lolos dan  berhasil mendonorkan darahnya.

Selain donor darah, dalam kegiatan ini juga dilakukan serah terima 10 unit kursi untuk donor darah dari Tzu Chi Palembang yang diwakili oleh relawan Novriko kepada Ketua UTD (Unit Transfusi Darah) PMI Kota Palembang.

Novriko, mewakili Tzu Chi Palembang menandatangani penyerahan 10 unit kursi untuk donor darah kepada UTD (Unit Transfusi Darah) PMI Kota Palembang.

Salah satu peserta yang turut mendoorkan darahnya dalam kegiatan ini adalah Bambang Triharmono (72). Kegiatan donor darah kali ini adalah donor darah yang ke-154 kali baginya. “Ini sudah yang kedua kalinya donor darah di gedung PalComTech. Saya senang sekali karena suasananya nyaman dan juga enak. Menurut saya manfaat dari donor darah itu banyak, pertama kita bisa membantu orang lain dan juga untuk kesehatan kita sendiri,” Ujar Bambang Triharmono.

Editor: Arimami Suryo A.

Artikel Terkait

Menggenggam Kesempatan untuk Berbuat Baik

Menggenggam Kesempatan untuk Berbuat Baik

15 Juni 2017
Saat bulan Ramadhan, biasanya orang jarang melakukan donor darah, padahal jumlah permintaan darah sama seperti biasanya. Walau dilaksanakan lebih cepat dari waktunya, donor darah yang digelar Tzu Chi Tanjung Balai Karimun ini tetap diikuti puluhan orang.
Indahnya Berbagi Kebajikan dengan Berdonor Darah

Indahnya Berbagi Kebajikan dengan Berdonor Darah

07 April 2014 Antusias para dermawan yang ingin mengalirkan cinta kasihnya mulai terlihat ketika petugas PMI datang. Satu per satu para pendonor menuju lantai dua Kantor Tzu Chi Tanjung Balai Karimun, dimana donor darah dilaksanakan.
Mari Kita Berdonor Darah

Mari Kita Berdonor Darah

18 Agustus 2011
Minggu, tanggal 14 Agustus 2011, Yayasan Buddha Tzu Chi Kantor Perwakilan Bali mengadakan kegiatan donor darah dan pemeriksaan kesehatan gratis yang rutin diadakan tiga bulan sekali.
Dengan keyakinan yang benar, perjalanan hidup seseorang tidak akan menyimpang.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -