Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia Menjalin Kerja Sama dengan Bank Mandiri untuk Mendukung Transaksi Donasi Digital

Jurnalis : Anand Yahya, Fotografer : Anand Yahya

Ketua Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia Liu Su Mei menandatangani nota kesepahaman dengan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, disaksikan oleh Wakil Ketua Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia Sugianto Kusuma, Rebecca Halim, Direktur Utama PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, dan jajaran tim manajemen Bank Mandiri.

Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia dan Agung Sedayu Group menjalin kerja sama dengan PT. Bank Mandiri yang ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) pada hari Selasa, 27 Agustus 2024. Nota kesepahaman akan dikembangakan untuk beberapa layanan perbankan seperti donasi digital dan penerbitan Kartu Kredit Mandiri - Tzu Chi, dan berbagai layanan lainnya.

Jalinan kerja sama juga dilakukan dengan Tzu Chi Hospital (Yayasan Buddha Tzu Chi Medika) untuk menunjang beberapa layanan transaksi, diantaranya kerja sama program Medical Check Up pegawai PT Bank Mandiri (Persero) Tbk.

Direktur Utama PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. Darmawan Junaidi menadatangani nota kesepahaman dengan Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia. Kerja sama dengan Tzu Chi Hospital salah satunya untuk mempermudah pelayanan pasien-pasien di Tzu Chi Hospital.

Direktur Utama Tzu Chi Hospital dr. Gunawan Susanto Sp.Bs, didampingi Ketua dan Wakil Ketua Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia  memegang Mock-Up MCU salah satu kerja sama melayani Medical Check Up untuk pegawai Bank Mandiri.

Liu Su Mei, Ketua Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia mengatakan jika kerja sama ini akan memudahkan dalam menjalankan misi-misi Tzu Chi. “Kita berharap relawan Tzu Chi, orang tua murid (Sekolah Tzu Chi), pasien rumah sakit, semua orang bisa menggunakan kartu ini. Dengan menggunakan kartu ini berarti kita juga turut mendukung kegiatan sosial,” ucap Liu Su Mei. Selain itu menurut Liu Su Mei dengan menggunakan kartu Kredit Mandiri-Tzu Chi ini kita juga turut menggalakkan celengan bambu digital. Dengan begitu, kita bisa mengikuti perkembangan digitalisasi untuk berdonasi.

Direktur Utama PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. Darmawan Junaidi memberi sambutan dalam acara MoU dengan Yayasan Buddha Tzu Ci Indonesia. Darmawan Junaidi dalam sambutannya sangat mengapresiasi bantuan kemanusiaan yang dilakukan oleh Yayasan Buddha Tzu Chi terhadap masyarakat Indonesia.

Pada kesempatan penandatangan ini, Ketua Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia Liu Su Mei memberikan cinderamata berupa buku biografi Master Cheng Yen (pendiri Tzu Chi) yang berjudul Master of Love and Mercy kepada Direktur Utama PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. Darmawan Junaidi.

Wakil Ketua Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia Sugianto Kusuma yang juga Founder and Chairman  Agung Sedayu Group mengatakan Bank Mandiri merupakan bank milik negara yang turut membangun ekonomi Indonesia secara makro dan mikro. Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia telah memilih mitra yang tepat karena komitmen Bank Mandiri dalam memberikan pelayanan terbaik bagi nasabah dan meningkatkan akses finansial kepada masyarakat.

“Terutama pada hari ini diprioritaskan kepada kita Yayasan Buddha Tzu Chi. Saya berharap penandatanganan ini merupakan langkah strategis sebagai langkah awal bagi pasien-pasien yang membutuhkan pelayanan kesehatan di Tzu Chi Hospital,” ucap Sugianto Kusuma.

Pada kesempatan itu Sugianto Kusuma mengutip kata-kata bijak dari pendiri Tzu Chi, Master Cheng Yen yang mengatakan, “Ucapkanlah kata-kata yang baik, berpikirlah dengan niat yang baik, lakukan perbuatan yang baik, dan melangkahlah di jalan yang baik.”

Acara penandatanganan nota kesepahaman ini juga dihadiri oleh jajaran manajemen PT Bank Mandiri (Persero) Tbk.

Sugianto Kusuma juga menjelaskan tentang Program Bebenah Kampung Tzu Chi yang sedang berjalan di Kota Jakarta. Selain di wilayah Kamal Muara, Jakarta Utara, program bedah rumah Tzu Chi yang sedang berjalan di Jakarta adalah Program Bebenah Kampung berkonsep konsolidasi tanah vertikal yang sudah diresmikan sebagai Rumah Barokah di Palmerah, Jakarta Barat. Pada tahap ke-2, Tzu Chi sedang membangun dengan konsep yang sama di wilayah Tanah Tinggi, Johar Baru, Jakarta Pusat.

Direktur Utama PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. Darmawan Junaidi dalam sambutannya mengatakan Bank Mandiri siap mendukung kegiatan-kegiatan Tzu Chi. “Kami datang dengan tim yang besar untuk bisa memulai langkah yang besar juga,” ungkapnya.

Salah satu proyek kemanusiaan yang tengah dijalankan Tzu Chi Indonesia adalah Program Bebenah Kampung, berkonsep konsolidasi tanah vertikal pertama di Indonesia di wilayah Palmerah, Jakarta Barat. Rumah susun yang dinamakan Rusun Barokah ini terdiri dari 4 (empat) lantai dengan total 9 (sembilan) unit tipe 18 meter persegi, dimana lantai dasarnya difungsikan sebagai ruang interaksi bersama bagi masyarakat.

Program Bebenah Kampung Tzu Chi di Kamal Muara, Jakarta Utara dimulai sejak tahun 2019, dan Hingga tahun 2024, program ini sudah membangun 30 rumah, dan 8 rumah dalam proses pembangunan. Program ini dilakukan secara bertahap, dan saat ini sudah masuk ke Tahap ke-5. Hingga tahun 2024, Tzu Chi Indonesia telah membangun 1.433 unit rumah layak huni di berbagai wilayah Indonesia.

“Kami dari Bank Mandiri sangat mengapresiasi dengan ketokohan Pak Aguan (Sugianto Kusuma) yang tidak hanya sebagai tokoh penting di negara ini, tetapi juga sebagai filantropi di negara ini. Tadi kita dengar sharing Pak Aguan, beliau mendukung penuh Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia sejak awal untuk membantu masyarakat Indonesia, dimana kemudian juga membangun networking di 60 negara (Tzu Chi sudah ada di 67 negara -red), ini luar biasa,” ujar Darmawan bangga.

Lebih lanjut Darmawan mengatakan jika nota kesepahaman ini butuh perencanaan-perencanaan berikutnya karena bagaimanapun pasti ada rencana untuk lebih maju lagi ke depannya. “Dan pastinya dengan semua kearifan lokal dari Bank Mandiri akan lebih cocok, dan tim Bank Mandiri semua di sini siap melayani untuk semua kegiatan Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia,” kata Darmawan.

Editor: Hadi Pranoto

Artikel Terkait

Berdonasi ke Tzu Chi Kini Bisa Langsung Lewat OCTO Mobile CIMB Niaga

Berdonasi ke Tzu Chi Kini Bisa Langsung Lewat OCTO Mobile CIMB Niaga

19 April 2024
PT. Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) menjalin kerja sama dengan Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia untuk penerimaan pembayaran donasi/charity melalui mobile banking OCTO Mobile dan internet banking OCTO Clicks.
Sumbangsih Bagi Penjaga Lingkungan

Sumbangsih Bagi Penjaga Lingkungan

19 Maret 2015 Letkol Arm. Stefie Janeje, Dandim 0502/Jakarta Utara memberikan apresiasi kepada relawan Tzu Chi yang telah berpartisipasi menyediakan makan siang untuk para anggota TNI dan masyarakat yang telah membersihkan Kali Ciliwung.
Tzu Chi Indonesia Dukung Produk Inovasi Karya Anak Bangsa

Tzu Chi Indonesia Dukung Produk Inovasi Karya Anak Bangsa

17 Juni 2020

Tzu Chi Indonesia mendukung bermunculannya produk-produk riset, teknologi, dan inovasi karya anak bangsa terkait penanganan wabah Covid-19. Kemarin, Selasa 16 Juni 2020, Tzu Chi Indonesia menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) tentang pemanfaatan produk-produk tersebut bersama Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek), perwakilan enam BUMN, swasta, dan filantropi.

Lebih mudah sadar dari kesalahan yang besar; sangat sulit menghilangkan kebiasaan kecil yang buruk.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -