Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia Meraih Penghargaan Anugerah Revolusi Mental 2022

Jurnalis : Andrew (DAAI TV), Hadi P., Fotografer : Dok. Tzu Chi Indonesia

Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia mewakili seluruh lembaga sosial di Indonesia mendapat Anugerah Revolusi Mental dalam Kategori Kedermawanan Sosial. Penghargaan diserahkan langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia KH. Ma’ruf Amin kepada Sekretaris Umum Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia Hong Tjhin.

Sebagai bentuk apresiasi terhadap semua pelaku atau agen perubahan yang mencerminkan Gerakan Nasional Revolusi Mental di seluruh pelosok Nusantara, maka Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) kembali menghelat Anugerah Revolusi Mental (ARM) 2022, di Hotel Borobudur Jakarta pada Rabu (21/12/2022).

Penyerahan Anugerah Revolusi Mental 2022 dilakukan oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, Prof. Dr. (H.C.) K.H. Ma'ruf Amin, serta Menko PMK Muhadjir Effendy dan para  Koordinator Program Gerakan (KPG), dari Kementerian PAN RB, Kemenko Marves, Kemenko Polhukam, Kemenko Perekonomian, dan Kemendagri.

Wakil Presiden Republik Indonesia KH. Ma'ruf Amin mengatakan, pemberian penghargaan ARM 2022 akan mengerakkan kembali Revolusi Mental di masyarakat. Beliau mengatakan, Revolusi Mental yang mencakup nilai integritas, etos kerja, dan gotong royong, adalah sumber utama yang memberikan pengaruh terhadap pembentukan karakter, perilaku, cara berpikir, dan cara bertindak individu.

Penghargaan untuk Tzu Chi Indonesia
Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia mewakili seluruh lembaga sosial di Indonesia mendapat Anugerah Revolusi Mental dalam Kategori Kedermawanan Sosial dalam acara ini. Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia KH. Ma’ruf Amin kepada Sekretaris Umum Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia Hong Tjhin.

Wakil Presiden Republik Indonesia KH. Ma'ruf Amin mengatakan, pemberian penghargaan ARM 2022 akan mengerakkan kembali Revolusi Mental di masyarakat. 


Anugerah Revolusi Mental kategori Kedermawanan Sosial diberikan atas dedikasi untuk kerja keras dan gotong royong membantu sesama yang mengalami kesulitan di masa pandemi Covid-19.

Anugerah Revolusi Mental 2022 merupakan bentuk apresiasi Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI terhadap upaya yang telah dilakukan lembaga pemerintah/swasta dan lembaga sosial yang melakukan perubahan kepada masyarakat dalam berbagai sektor, mulai dari sektor pendidikan hingga membangun sistem perekonomian yang merata untuk masyarakat.

"Ini untuk menggerakkan kembali, sebab masalah Revolusi Mental itu kan sumber utama, yang bisa memberikan pengaruh terhadap pembentukan karakter, perilaku, cara berpikir, cara bertindak, ini tergantung daripada karakter yang kita bangun untuk itu menjadi sangat penting sekali," kata Wapres RI KH. Ma’ruf Amin.

Sekretaris Umum Yayasan Buddha Tzu Chi, Hong Tjhin mengatakan, "Yang surprise juga tadi selain dengan Menko PMK kami juga mendapatkan Award atas nama mewakili bangsa Indonesia tentang kedermawanan sosial. Saya rasa itu suatu hal yang membanggakan dan berkesan, dan kita semua tahu bahwa sebetulnya bangsa Indonesia itu adalah bangsa yang sangat dermawan, peringkatnya di global teratas."

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menjelaskan Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM) mendorong internalisasi nilai-nilai strategis instrumental revolusi mental pada individu, keluarga, insititusi sosial, masyarakat sampai dengan lembaga-lembaga negara. 

Tzu Chi juga mendapat Anugerah Revolusi Mental kategori Lembaga Pembangunan Inklusif yang diserahkan oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy.

Selain itu, Tzu Chi juga mendapat Anugerah Revolusi Mental kategori Lembaga Pembangunan Inklusif yang diserahkan oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy.

Anugerah Revolusi Mental Kategori Lembaga Pembangunan Inklusif diberikan atas dedikasi dalam pembangunan ekonomi yang menciptakan akses dan kesempatan yang luas bagi seluruh lapisan masyarakat secara berkeadilan meningkatkan kesejahteraan serta mengurangi kesenjangan antar kelompok dan daerah.

“Ya, kita juga surprise sekali ya, pertama kita diinformasikan bahwa kita akan mendapatkan award Revolusi Mental Lembaga Kemitraan yang Inklusif, itu saya rasa suatu hal yang membanggakan karena sepanjang tahun 2022 dan juga sebelumnya kita memang sebagai yayasan kemanusiaan bergerak lintas agama, lintas suku, lintas ras, dan kita juga menjalin hubungan yang baik dengan pihak manapun. Jadi, saya rasa itu hal yang membanggakan dan juga memberikan semangat supaya bisa lebih inklusif lagi ke depan,” kata Hong Tjhin, Sekretaris Umum Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia.

Mewakili Tzu Chi Indonesia, Hong Tjhin, Sekretaris Umum Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia menerima dua penghargaan untuk Tzu Chi dalam kategori: Anugerah Revolusi Mental dalam Kategori Kedermawanan Sosial dan Anugerah Revolusi Mental kategori Lembaga Pembangunan Inklusif

“Ada tiga nilai dasar yang sedang kita galakkan di tengah masyarakat, yang pertama itu masalah integritas dan kejujuran. Kedua etos kerja, yaitu kerja keras tanpa kenal menyerah, dan yang ketiga etos gotong royong yang mana nilai khas ini dimiliki oleh Indonesia dan itu sudah terbukti Indonesia dua tahun berturut-turut sebagai memiliki indeks tertinggi dalam kedermawanan sosial di dunia, dan ini tidak lepas dari konstitusi dari nilai dasar kita yaitu nilai gotong royong,” kata Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy.

ARM 2022 diberikan kepada semua pihak yang telah berinisiatif dan telah menjadi pelopor perubahan di tengah masyarakat. ARM 2022 diberikan kepada berbagai kalangan, antara lain pemerintah, dunia usaha, dunia pendidikan maupun masyarakat umum. 

Total penerima Anugerah Revolusi Mental 2022 sebanyak 40 penerima yang terbagi dalam 5 (lima) kategori, yaitu: 1. Kategori Pemerintah Daerah Provinsi; 2. Kategori Pemerintah Kabupaten/Kota; 3. Kategori Lembaga Mitra GNRM; 4. Kategori Tokoh dan Lembaga; 5. Kategori Kedermawanan Sosial.

Total penerima Anugerah Revolusi Mental 2022 sebanyak 40 penerima yang terbagi dalam 5 (lima) kategori, yaitu: 1. Kategori Pemerintah Daerah Provinsi; 2. Kategori Pemerintah Kabupaten/Kota; 3. Kategori Lembaga Mitra GNRM; 4. Kategori Tokoh dan Lembaga; 5. Kategori Kedermawanan Sosial.

Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia mendapatkan penghargaan Anugerah Revolusi Mental kategori Lembaga Pembangunan Inklusif atas 4 misi sosial yang dilakukan secara konsisten, diantaranya misi amal, misi kesehatan, misi pendidikan, dan misi budaya humanis yang bertujuan untuk membangun masyarakat yang humanis dan sejahtera di Indonesia.

Editor: Hadi Pranoto

Artikel Terkait

Tzu Chi Menerima Penghargaan Penanggulangan Kemiskinan dari Pemerintah DKI Jakarta

Tzu Chi Menerima Penghargaan Penanggulangan Kemiskinan dari Pemerintah DKI Jakarta

12 Desember 2019

Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia menerima penghargaan sebagai Mitra Pemerintah dalam Penanggulangan Kemiskinan dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta hari ini, 12 Desember 2019. Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kepada relawan Komite Tzu Chi di gedung Balai Kota DKI Jakarta.

Ikut Kontribusi Penanganan Covid-19, Yayasan Buddha Tzu Chi Raih Penghargaan dari Presiden Jokowi

Ikut Kontribusi Penanganan Covid-19, Yayasan Buddha Tzu Chi Raih Penghargaan dari Presiden Jokowi

23 Maret 2023

Yayasan Buddha Tzu Chi kembali meraih penghargaan atas kotribusinya dalam menangani pandemi Covid-19 dua tahun ke belakang.

DAAI TV Raih Penghargaan Anugerah Dewan Pers 2022

DAAI TV Raih Penghargaan Anugerah Dewan Pers 2022

19 Desember 2022

DAAI TV kembali meraih prestasi yang membanggakan di tingkat nasional. Pada malam Anugerah Dewan Pers 2022, DAAI TV menjadi pemenang dalam kategori Wartawan TV.

Orang bijak dapat menempatkan dirinya sesuai dengan kondisi yang diperlukan.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -